Bekas Jerawat Susah Hilang? Ini Cara Mengatasinya

feature image artikel klinik kecantikan terdekat 2.png

Bekas jerawat adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang dan sangat menggangu penampilan kulit. Bekas jerawat ini dapat berupa hiperpigmentasi maupun scars.

Bekas jerawat biasanya muncul akibat peradangan yang yang bertahan lama dan kebiasaan memencet atau memecahkan jerawat.

Pada dasarnya, bekas jerawat berupa hiperpigmentasi dapat hilang dengan sendirinya, tetapi memerlukan waktu yang cukup lama. Sementara bekas jerawat yang berupa scar hanya dapat hilang melalui treatment khusus.

Jenis-Jenis Bekas Jerawat

Memiliki bekas jerawat terasa sangat mengganggu penampilan, baik itu bekas jerawat hitam di pipi, bekas jerawat memerah, hingga bekas berupa scar. Nah, sebelum mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat, cari tahu jenis bekas jerawat yang kamu miliki, yuk!

1. Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)

Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) adalah bekas jerawat yang berupa hiperpigmentasi. Baik berwarna kecokelatan hingga warna gelap.

Bekas jerawat PIH disebabkan oleh produksi melanin berlebih akibat dari inflamasi atau peradangan. PIH biasanya dialami oleh jenis kulit acne prone dengan skintone medium to dark.

2. Post Inflammatory Erythema (PIE)

Berbeda dengan bekas jerawat PIH, post inflammatory erythema (PIE) adalah bekas jerawat yang berupa warna kemerahan atau keunguan. PIE muncul akibat pembesaran pembuluh darah ketika terjadi peradangan pada kulit.

3. Atrophic Scars (Bopeng)

Pernah dengar istilah bopeng? Bopeng adalah bekas jerawat yang berupa atrophic scars. Kondisi kulit ini terjadi akibat peradangan yang merusak jaringan kulit dalam sehingga menimbulkan bekas berupa cekungan depresi.

Biasanya atrophic scars disebabkan oleh kebiasaan memencet jerawat dengan paksa.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Rutin Melakukan Perawatan Kulit

Melakukan perawatan kulit secara rutin menjadi cara menghilangkan bekas jerawat yang pertama. Perawatan kulit di sini dapat berupa produk skincare maupun treatment di klinik kecantikan.

Jika kamu memilih skincare, maka gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas alkohol untuk membersihkan wajah dua kali sehari. Sementara jika kamu ingin melakukan perawatan di klinik kecantikan, konsultasikan terlebih dahulu masalah kulitmu sebelum memilih jenis perawatan yang tersedia.

2. Menggunakan Produk Eksfoliasi

Penggunaan produk eksfoliasi juga baik untuk memudarkan bekas jerawat dengan cara menghilangkan lapisan kulit terluar yang memiliki noda bekas jerawat.

Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung bahan seperti asam glikolat atau asam salisilat. Namun, jangan langsung gunakan konsentrasi yang terlalu tinggi karena dapat mengiritasi kulit.

3. Gunakan Skincare dengan Bahan Pencerah

Bahan-bahan pencerah seperti vitamin C,  niacinamide, dan asam kojic dapat membantu memudarkan noda bekas jerawat dan mengurangi hiperpigmentasi. Produk-produk tersebut dapat membantu meratakan kembali warna kulit..

4. Terapi Laser dan Mikrodermabrasi

Untuk bekas jerawat yang lebih parah, kamu dapat memilih terapi laser atau mikrodermabrasi di klinik kecantikan terdekat. Dengan treatment ini, lapisan kulit paling atas akan terkelupas dan merangsang regenerasi sel kulit baru.

5. Menggunakan Krim Tabir Surya Secara Rutin

Menggunakan krim tabir surya atau sunscreen menjadi salah satu cara yang baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Gunakan krim tabir surya dengan SPF minimal 30 sebelum beraktivitas di dalam maupun luar ruangan.

Paparan sinar UV dapat membuat bekas jerawatmu menjadi semakin gelap dan lebih sulit dihilangkan.

6. Coba Treatment Subsisi

Bagi kamu yang memiliki bekas jerawat berupa acne scars atau bopeng dapat memilih treatment subsisi. Perawatan ini dilakukan dengan memasukkan jarum medis untuk melepas jaringan ikat di bagian dalam kulit guna memperbaiki bekas jerawat bopeng.

Hilangkan Bekas Jerawat Membandel dengan Treatment di SOZO Clinic

Bekas jerawat mungkin dapat mengganggu kepercayaan diri, tetapi dengan melakukan perawatan yang tepat dan konsisten, kamu bisa mendapatkan kembali kulit yang glowing bebas noda.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan perawatan untuk bekas jerawat dari klinik kecantikan terdekat, kamu dapat memilih SOZO Clinic!

SOZO Clinic menawarkan berbagai treatment untuk memudarkan hiperpigmentasi akibat bekas jerawat yang kamu alami. Mulai dari laser, skinbooster, peeling, hingga melasma injection. Segera kunjungi www.sozoclinic.com dan konsultasikan masalah kulitmu! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jerawat: Kenali 5 Penyebab Munculnya

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering dialami oleh siapa saja. Namun, kondisi ini lebih sering muncul pada seseorang dengan tipe kulit berminyak