Jerawat: Kenali 5 Penyebab Munculnya

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering dialami oleh siapa saja. Namun, kondisi ini lebih sering muncul pada seseorang dengan tipe kulit berminyak atau kombinasi.

Bisa dibilang, semua orang pernah mengalami kulit berjerawat. Baik itu karena masa pubertas, hormon, maupun akibat polusi dan produk skincare yang tidak sesuai. Lebih jelasnya, yuk baca dalam artikel ini!

Apa Itu Jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran akibat polusi, dan kotoran. Penyumbatan ini memicu adanya peradangan yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil di permukaan kulit.

Tidak hanya di wajah, jerawat juga muncul di bagian tubuh lain yang memiliki kelenjar minyak yang banyak, yaitu bagian leher, dada, dan punggung.

Jenis-Jenis Jerawat

1. Papula

Papula adalah jenis jerawat yang berupa benjolan merah yang muncul pada kulit akibat peradangan yang biasanya dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal. Papula terbentuk ketika dinding folikel rambut atau pori-pori susak akibat peradangan.

2. Postula

Postula adalah jerawat yang memiliki nanah di dalamnya. Postula ini berbentuk seperti benjolan merah dengan nanah putih atau kuning sebagai pusatnya. Jenis jerawat ini bisa sangat emradang dan sakit, serta dapat menyebabkan kemerahan yang parah pada kulit.

3. Nodul

Pernah dengar istilah jerawat batu? Jika pernah, jerawat batu adalah nama lain dari nodul. Nodul adalah jenis jerawat yang berbentuk benjolan besar dan keras di bawah permukaan kulit.

Nodul terbentuk ketika terjadi peradangan yang kuat di dalam folikel rambut yang menyebabkan tumbuhnya jaringan baru yang lebih dalam. Nodul biasanya akan tampak sangat meradang.

Penyebab Munculnya Jerawat

1. Produksi Sebum Berlebih

Salah satu penyebab jerawat adalah produksi sebum berlebihan oleh kelenjar minyak kulit. 

Sebum adalah minyak alami yang dihasilkan oleh kulit untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit. Namun, jika diproduksi berlebihan, sebum dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan pembentukan komedo yang dapat menjadi jerawat.

2. Proliferasi Bakteri

Bakter Propionibacterium acnes, yang biasanya hadir di kulit dapat berkembang biak secara berlebihan dalam pori-pori yang tersumbat. Bakter ini merangsang respon peradangan dari tubuh yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan area yang terinfeksi yang kemudian berubah menjadi jerawat.

3. Pengaruh Hormonal

Perubahan hormonal dalam tubuh, terutama saat pubertas, menstruasi, kehamilan, atau mengalami kondisi medis tertentu dapat memicu produksi sebum yang lebih tinggi yang kemudian dapat memicu munculnya jerawat.

Hal ini lah yang menyebabkan mengapa remaja dan wanita dewasa lebih rentan terhadap jerawat. Hormon seperti androgen dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum.

4. Penggunaan Produk Skincare yang Salah

Penggunaan produk skincare yang salah juga dapat menjadi salah satu penyebab jerawat muncul di area tubuh. Skincare yang tidak cocok dengan jenis kulit atau mengandung bahan-bahan yang berpotensi menyumbat pori-pori menjadi pemicu utamanya.

Selain itu, jika kulitmu sedang berjerawat, penggunaan produk yang terlalu berat atau berminyak juga dapat memperburuk jerawat tersebut.

5. Faktor Lingkungan dan Gaya Hidup

Faktor lingkungan seperti polusi udara dan paparan zat-zat berbahaya juga dapat memicu munculnya jerawat. Selain itu, kebiasaan buruk seperti pola makan tidak sehat, kurang tidur, stres, dan kurangnya kebersihan kulit juga dapat menjadi penyebab jerawat muncul di tubuh.

Atasi Masalah Jerawat dengan Acne Treatment di SOZO Clinic!

Jerawat adalah masalah kulit yang kompleks dan dapat dipicu oleh berbagai faktor. Memahami penyebab-penyebab utama munculnya jerawat menjadi langkah awal bagi kamu untuk mengatasinya.

Namun, saat jerawat datang, kamu tidak perlu khawatir lagi karena kini SOZO Clinic memiliki berbagai jenis treatment untuk atasi masalah jerawat kamu. Mulai dari acne peel, biolight acne, IPL acne, laser, hingga acne injection.

Sebelum memilih treatment, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami dan dapatkan perawatan kulit sesuai dengan kebutuhanmu di SOZO Clinic!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *